7 Tips Membuat Donat Kentang Agar Mengembang

Tips Membuat Donat Kentang Agar Mengembang – Kue yang memiliki bentuk sangat khas ini menjadi salah satu jenis kue yang paling favorit di dunia. Hampir di setiap negara, kita bisa menemukan kue donat. Begitu juga di Indonesia, mulai dari di toko toko kecil, pinggir jalan, pasar malem sampai di mall mall bisa dengan mudah kita menemukan penjual donat. Adapun jenis donatpun sangat banyak ada donat coklat, donat ubi, donat kentang dll. Namun dari sekian banyaknya jenis donat, yang paling populer adalah donat kentang. Saking populernya, tak sedikit yang penasaran untuk membuat sendiri di rumah.

tips membuat donat agar mengembang

tips membuat donat agar mengembang

Hanya saja seperti halnya kue kue lainya, banyak yang gagal saat membuat donat kentang sendiri. Masalah yang sering dialami adalah donat menjadi bantat atau tidak mengembang. Berbagai pertanyaan seperti apa penyebab donat bantat? bagaimana cara membuat donat kentang yang empuk? mengapa donat tidak bisa mengembang? sering diterima redaksi kami. Untuk itu,kali ini masteresep akan memberikan tips membuat donat kentang agar mengembang. Untuk membuat donat yang empuk, simak beberapa hal berikut ini.

Tips Membuat Donat Kentang Agar Mengembang Dan Tidak Bantat

Sebelumnya, untuk resep donat kentang sudah kami ulas sebelumnya ya. Buka saja link tersebut, untuk mempersiapkan bahan bahan yang dibutuhkan. Supaya sukses, perhatikan hal hal berikut

  • Sebaiknya gunakan campuran antara terigu protein tinggi 70%dan protein rendah 30%. Trik ini ternyata bisa membuat donat jadi empuk dan mengembang.
  • Gunakan ragi yang berkualitas bagus dan masih baru. Ragi yang sudah terlalu lama, bisa menjadi penyebab donat bantat. Perhatikan juga jumlah penggunaanya, harus pas.
  • Kunci sukses membuat donat yang empuk juga terletak pada saat proses menguleni. Lakukan sampai benar benar kalis.
  • Waktu fermentasi juga harus diperhatikan. Jika waktu fermentasi kurang dan langsung digoreng, donat tidak akan mengembang sempurna. Jadi setelah adonan kalis, tutup dengan plastik wrap. Setelah fermentasikan atau diamkan selama 30 menit. Adaonan yang terfermentasi sempurna akan mengembang 2 kali lipat, memiliki warna pucat dan terdapat serat saat ditarik atau dibuka.
  • Keluarkan udara yang terjebak didalamnya dengan cara digiling denganrolling pin. Setelah itu tinggal dibentuk.
  • Sebelum digoreng, fermentasi lagi sekitar 10 menit agar mengembang sempurna.
  • Gorenglah dengan minyak banyak. Putar putar dengan sumpit dan jangan terlalu sering di bolak balik.

Baca juga: Cara Membuat Donat Ala Dunkin Donat

Itulah tadi beberapa tips membuat donat agar mengembang sempurna. Semoga dengan memperhatikan tips tips diatas, donat tidak lagi bantat ya. Oh ya sebelum diberi toping, tiriskan dan dinginkan dulu ya. Untuk topingnya bebas silakan pilih sesuai selera hehe. Selamat berkrreasi bunda:))

7 Tips Membuat Donat Kentang Agar Mengembang | admin | 4.5