Cara Membuat Peyek Kacang Yang Renyah, Ini Dia Tipsnya

Cara Membuat Peyek Kacang Yang Renyah – Peyek atau rempeyek sering kali disajikan bersama nasi pecel ataupun disantap dengan hidangan lainya. Selain itu peyek juga enak untuk dijadikan cemilan. Membuat peyek bisa dibilang gampang gampang susah. Jika tidak pas dalam membuat adonan dan salah dalam penggorengnya bisa menjadi keras dan tidak renyah. Banyak jenis peyek yang kita kenal seperti peyek teri, peyek kacang tanah dan peyek kedelai. Bagi kamu yang baru saja belajar untuk membuat peyek yang renyah, kami akan berikan tipsnya untuk anda. Sebelumnya siapkan dulu bahan bahan yang akan kita gunakan untuk membuat peyek kacang tanah berikut ini.

Resep Peyek Kacang Tanah Renyah

Bahan bahan yang perlu disiapkan

  • kacang tanah kupas 350 gram
  • daun jeruk 6 lembar, iris iris
  • tepung beras 600 gram
  • tepung tapioka halus 1/2 sendok makan
  • bawang putih 4 siung
  • kemiri 4 butir, sangrai
  • telur 1 butir
  • kemiri serbuk 1/2 sendok makan
  • santan kental 250 ml
  • air putih 150 ml
  • air kapur sirih 1 sendok makan (optional)
  • garam secukupnya
  • penyeda rasa secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Peyek Kacang Yang Renyah

  1. Buatlah adonan terlebih dahulu dari tepung beras, tepung tapioka, santan kencal, dan irisan daun jeruk. Aduk aduk sampai tercampur rata
  2. Tambahkan air putih, buat adonan menjadi agak cair
  3. Tambahkan kemiri, bawang putih, ketumbar yang sudah dihaluskan. Aduk aduk
  4. Tambahkan telur, air kapur sirih, penyedap rasa, garam dan kacang tanah. Aduk rata
  5. Panaskan minyak goreng sampai panas, gunakan sendok sayur untuk menuangkan adonan ke wajan. Ratakan agar adonan kering, matang dan renyah. Gunakan api sedang saja agar tidak mudah gosong. angkat dan tiriskan
  6. Peyek kacang tanah siap disajikan bersama nasi pecil atau hidangan lainya

Memang terlihat gampang bukan cara membuat peyek kacang tanah diatas. Namun ada beberapa tips agar peyek yang dihasilkan menjadi renyah. Berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan.

Tips Membuat Peyek Kacang Tanah Yang Renyah

  1. Pembuatan adonan peyek adalah kunci utamanya agar peyek menjadi renyah. Komposisi antara tepung, santan dan air harus pas. Apabila adonan terlalu cair maka peyek menjadi sangat tipis dan mudah hancur. Sedangkan jika adonan terlalu kental maka tekstur peyek menjadi tebal dan keras. So, buatlah adonan yang pas
  2. Kacang tanah yang akan digunakan sebaiknya direndam terlebih dahulu selama semalaman agar menjadi mekar dan mudah matang ketika di goreng. Selain direndam, kamu juga bisa memanggangnya terlebih dahulu.
  3. Untuk daun jeruknya, pilihlah dari daun jeruk purut karena aromanya lebih harum dan tidak pahit. atau kamu bisa juga menggantinya dengan daun kunyit ataupun irisan kucai.
  4. Untuk menghasilkan peyek yang renyah, penambahkan tepung sagu atau tepung tapioka dalam adonan adalah wajib. Selain itu pilihlah tepung beras yang tidak apek.
  5. dalam menuangkan adonan jangan asal dituang. Tapi tariklah ke pinggiran wajan dengan perlahan. dengan demikian ketipisan peyek bisa merata. Sesekali siramkan minyak ke peyek yang ada di pinggir wajan agar mudah dilepaskan.
  6. Ketika akan mencampurkan isian, baiknya lakukan sedikit demi sedikit dengan wadah terpisah. Hal ini untuk menghindari terserapnya cairan ke bahan isian. Dengan demikian kekentalan adonan tetap terjaga.
  7. Dalam penggorengan, wajan cekung sangat disarankan untuk membuat peyek kacang yang renyah
  8. Faktor penting lainya untuk menghasilkan peyek yang renyah adalah pengaturan api. Ketika memasukan adonan ke wajan, aturlah api yang cukup besar. Kemudian setelah setengah matang, kecilkan api.
  9. Setelah selesai tahap penggorengan, segera tiriskan sampai minyak goreng benar benar tiris. Sisa minyak goreng akan membuat peyek cepat lembek dan berbau tengik.
  10. Simpan peyek dalam toples ketika sudah benar benar dingin. Jika disimpan masih dalam panas, uap air yang keluar akan membuat peyek cepat lembek.
Cara Membuat Peyek Kacang Yang Renyah, Ini Dia Tipsnya | admin | 4.5