Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang Yang Benar

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang – Siapa sih yang gak kenal donat? dari anak anak sampai orang tua, rasanya kenal dengan kue bulat berlubang ini. Donat memang menjadi salah satu kudapan yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kedai ataupun warung yang menjual donat bisa kita temukan dengan mudah dari di pinggir jalan sampai di mall mall besar seperti donat JCO. Kini donat memiliki banyak varian dari bahan pembuatnya sampai toppingnya. Namun donat dengan toping coklat batang masih menjadi favorit.

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang Yang Benar

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang

Untuk membuat toping donat dari coklat batang, tentu hal pertama yang harus diperhatikan adalah kualitas coklat blok yang digunakan. Gak harus mahal kok, yang terpenting coklatnya mudah meleleh dan rasanya gak terlalu manis (selera). Kamu bsia mendapatkanya di supermarket dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 30 ribu/ 250 gram. Selanjutnya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti berikut ini.

Tips Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang

Masalah yang kerap dihadapi saat membuat toping coklat leleh entah itu buat donat atau makanan lain adalah coklat jadi menggerindil dan bahkan bisa gosong.  Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut tips cara melelehkan coklat untuk toping donat

  • Potonglah coklat batang menjadi potongan kecil kecil. Hal ini agar coklat mudah meleleh dan supaya hasilnya tidak menggerindil. Kalau mau lebih cepat melelh lagi bisa diserut menggunakan serutan keju.
  • Lelehkanlah dengan cara di tim. Ambil panci lalu isi dengan air kira kira 3/4. Taruhlah satu panci lagi diatasnya dengan ukuran yang bisa menutup panci pertama (tujuanya agar uap air tidak mengenai coklat batang).  Taruh coklat batang diatasnya.
  • Nyalakan api kecil, tunggu sampai panas tapi tidak sampai mendidih. Jika sampai mendidih, coklat bisa menggumpal. (jika air mendidih tapi colat belum meleleh sempurna matikan api dan lanjutkan mengetim). Nyalakan lagi dengan api kecil
  • Teruslah diaduk saat proses mengetim supaya coklat tidak bergerindil
  • Jangan tambahkan margarin, mentega atau bahan lain saat ngetim coklat batang. Sebab jika digunakan untuk toping donat akan susah mengeras.
  • Sedangkan cara melelehkan coklat putih ada trik tersendiri yakni suhu airnya harus lebih rendah dari coklat biasa. Hal ini lantaran coklat putih mengandung lemak yang lebih banyak
  • Jangan masukan coklat batangan ke kulkas sebelum di lelehkan. Sebab tekstur coklat akan rusak dan susah jika mau dilelehkan.

Wajib Tahu: Tips Membuat Donat Agar Tidak Bantat

Itulah beberapa tips cara membuat toping donat dari coklat batang. Oh ya satu lagi, kalau mau buat toping coklat warna warni, gunakan pewarna dengan base oil. Jika menggunakan pewarna biasa, warnanya gak bsia nyatu. Tapi memang harga pewarna jenis ini agak mahal hehe. Selamat berkreasi

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang Yang Benar | admin | 4.5